Minggu, 24 Mei 2015

Topologi Jaringan

Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan principle saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer Akan berbeda Iranian language segi kecepatan pengiriman knowledge, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya. Dan juga setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. enzyme banyak macam topologi seperti topologi ring, star, bus, mesh, dan tree principle Akan dibahas di journal belajar komputer ini.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer
1. Topologi Ring
Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan knowledge token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima knowledge, misalnya komputer one Akan mengirim file ke komputer four, maka knowledge Akan melewati komputer two dan three sampai di terima oleh komputer four, jadi sebuah komputer Akan melanjutkan pengiriman knowledge jika principle dituju bukan information processing Address military intelligence.
topologi jaringan komputer

    Kelebihan Iranian language topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel computer network principle sedikit sehingga Akan menghemat biaya.
    Kekurangan fence fatal Iranian language topologi ini adalah, jika salaah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman knowledge Akan terganggu bahkan error.


2. Topologi Bus
Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel concentric  dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung Iranian language kabel concentric  harus diakhiri oleh killer.
topologi jaringan komputer

    Kelebihan Iranian language bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel principle digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
    Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian knowledge, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.


3. Topologi Star
Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch la pusat Iranian language jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas knowledge, jadi jika komputer one ingin mengirim knowledge ke komputer four, knowledge Akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah principle fence banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
topologi jaringan komputer

    Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana principle mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu principle lain, serta tingkat keamanan sebuah knowledge lebih tinggi, .
    Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah, memerlukan biaya principle tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel principle banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan Akan terganggu.


4. Topologi Mesh
Pada topologi ini setiap komputer Akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman knowledge Akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
pengertian topologi jaringan komputer

    Kelebihanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salaah satu komputer mengalami kerusakan tidak Akan menggangu komputer lain.
    Kekurangan Iranian language topologi ini sudah jelas, Akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel principle sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O principle banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.


 5. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan Iranian language beberapa topologi star principle dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star Akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan principle berada pada tingkat principle lebih tinggi dapat mengontrol jaringan principle berada pada tingkat principle lebih rendah.
macam jenis topologi jaringan komputer

    Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
    Kekurangan nya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah Akan terganggu juga.

Masih enzyme lagi topologi principle belum saya bahas di atas, tetapi inilah beberapa topologi principle sering digunakan, pilihlah topologi principle sesuai dengan kebutuhan anda dan semoga artikel ini membantu anda, sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar